Selasa, 02 Maret 2010

SIAPA SAJA YANG HARUS DIBERI TAHU BAHWA ANAK MENDERITA ADHD


Saudara Sekandung

Kakak atau adik dari anak dengan ADHD adalah orang yang paling terkenadengan kondisi ini. Mungkin si kakak atau adik akan merasa tidak mendapat perhatian orangtua karena mereka lebih memperhatikan adik atau kakak dengan ADHD. Ada saudara sekandung yang mengeluh mereka mendapat kesulitan akibat ulah adik atau kakak dengan ADHD. Mereka juga harus berusaha keras menghadapi adik atau kakak dengan ADHD ini karena cepat marah, ngambek dan tidak dapat mengikuti permainan-permainan. Penting sekali untuk menjelaskan mengenai ADHD kepada anak-anak lain dalam keluarga sehingga mereka mengerti akan keadaan adik atau kakaknya. Kita harus lebih sabar menanggapi keluhan mereka. Keluhan mereka merupakan reaksi yang wajar dan harus ditanggapi dengan positif. Mereka juga harus mendapat perhatian orangtua, sediakan waktu khusus untuk mereka.

Anggota Keluarga yang Lain

Jika ada anggota keluarga lain di dalam rumah, keputusan ada pada anda untuk memberitahukan tentang anak dengan ADHD. Jika mereka tinggal dalam waktu yang lama di rumah anda, sebaiknya anda ceritakan tentang keadaan anak anda dengan ADHD tersebut. Jika ada anggota keluarga yang bisa menjadi tempat untuk berbagi, ceritakan tentang ADHD.

Guru

Penting sekali menceritakan tentang kondisi anak dengan ADHD kepada kepala sekolah dan guru karena mereka sangat berpengaruh dalam pengalaman bersekolah si anak. Untuk keterangan lebih lanjut lihat halaman 12 mengenai Hal-hal yang Harus Diperhatikan di Sekolah.

Orang Lain

Andai ada seseorang lain yang sering berada dengan anak dengan ADHD orangtua dari teman, konselor pada saat berkemah, babysitter lebih baik diberitahu mengenai kondisi si anak. Jika mereka diberitahu mengenai disiplin, pujian dan aktivitas yang diterapkan pada si anak, akan sangat berguna. Buku pegangan mengenai ADHD ini atau bacaan lain ada baiknya juga diberikan kepada mereka.

Sumber : http://www.kesulitanbelajar.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar